Perbandingan Prosesor Snapdragon dengan Mediatek dan Exynos

Menurut Kalian Mana Prosesor Android yang paling bagus dari Prosesor Snapdragon dengan Mediatek dan Exynos ?? - Setelah sekian lama saya tidak update blog carabaru.net di karenakan kesibukan beberapa waktu yang lalu, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang sering sekali sobat carabaru tanyakan yaitu tentang perbandingan Prosesor pada Smartphone antara Prosesor Snapdragon dengan Mediatek dan Exynos. 

Apa itu Prosesor ?

Prosesor merupakan bagian utama pada komputer atau smartphone yang bertugas untuk menjalankan seluruh sistem operasi atau aplikasi-aplikasi yang terdapat pada komputer atau smartphone. 
Jadi Prosesor pada smartphone bagaikan sebuah otak yang ada pada manusia, yang berperan penting dalam mengatur kinerja dari smartphone itu sendiri. Sehingga di butuhkan prosesor yang berkualitas agar bisa menghasilkan smartphone yang berkualitas. Pada saat sekarang ini banyak sekali smartphone yang menggunakan prosesor yang berkualitas, antara lain seperti Snapdragon, Mediatek, Exynos dan Intel. Tetapi, pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas 3 Prosesor smartphone yaitu, Snapdragon, Mediatek, dan Exynos disebabkan hanya ketiga prosesor tersebut yang paling banyak di temukan atau di gunakan oleh para vendor smartphone pada smartphone keluaran terbarunya. Ketiganya juga saling bersaing ketat dengan cara menciptakan berbagai macam prosesor yang mutakhir. Lalu dari prosesor Android Exynos vs Snapdragon vs Mediatek mana yang plaing bagus atau mana prosesor yang terbaik.

Perbandingan Prosesor Snapdragon dengan Mediatek dan Exynos?

1. Prosesor Exynos
Prosesor Exynos | carabaru.net

Prosesor ini berasal dari negeri gingseng yaitu korea dan tengah berada di puncak pasar penjualan ponsel pintar berbasis Android, karena banyak sekali di gunakan oleh smartphone yang di produksi oleh Samsung. 

Prosesor Exynos ini sering di bilang sebagai prosesornya orang ‘kaya’, karena smartphone yang memakai prosesor Exynos adalah smartphone flagship dengan harga yang lumayan mahal, antara lainnya seperti smartphone buatan Samsung sendiri, Galaxy S7 dan Note 7, tetapi tidak hanya samsung aja yang mengguakannya prosesor Exynos ini, karena Meizu juga memakainya pada ponsel flagship buatannya.

Prosesor Exynos ini bisa dibilang hampir tidak punya kelemahan. Performanya mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone menjadi menyenangkan, multitasking dan gaming pun minor dengan kata ‘lag’. Tapi, tetap saja smartphone yang menggunakan prosesor Exynos mempunyai harga yang cukup mahal.

2. Prosesor Snapdragon
Prosesor Snapdragon | Carabaru.net

Prosesor Snapdragon bisa dibilang merupakan pesaing terberat dari prosesor Exynos. Karena pada level, bawah, menengah dan atas, prosesor Snapdragon ini laris manis dipakai oleh banyak pabrikan smartphone. Harga yang lebih murah dan performa yang cukup gahar bahkan setara Exynos, menjadi nilai jual bagi para vendor smartphone untuk menggunakan prosesor Snapdragon pada smartphone ciptaanya. Snapdragon juga sering melahirkan teknologi prosesor terbaru yang belum ada.

Untuk saat sekarang ini Snapdragon mempunyai tiga tipe prosesor, ada versi 400 untuk entry-level, 600 di kelas menengah, dan terakhir 800 pada jajaran flagship. Prosesor pabrikan Qualcomm ini merupakan yang paling baik dari sisi kinerja dan efisiensi. Ketahanan terhadap konsumsi daya baterai dan pengolahan grafis tinggi juga merupakan kelebihan dari Snapdragon.

3. Prosesor MediaTek
Prosesor Mediatek | carabaru.net

Prosesor ini beberapa waktu lalu telah membuat kejutan dengan mengeluarkan Chipset Helio X20, X25, dan X30 yang mungkin akan keluar tahun depan, Prosesor mediatek merupakan prosesor pertama di dunia yang memiliki 10 inti (core). Walaupun dulu pernah down karena selalu bermain di jajaran kelas bawah, pada akhir-akhir ini MediaTek mulai menunjukan eksitensinya dengan cara mulai mengeluarkan prosesor seri P dan X yang mampu bersaing dengan prosesor kelas atas.

Kelebihan dari MediaTek yang belum mampu diikuti pabrikan lain yaitu, harganya yang murah meskipun itu seri X. Lihat saja Xiaomi Redmi Pro yang mengusung Helio X25, dengan ‘mahar’ 3 hingga 4 juta kita sudah bisa merasakan performa flagship.

Kesimpulan :

Kesimpulannya dari penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa masing-masing prosesor memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, jadi untuk sobat carabaru yang suka dengan performa yang gahar, ingin grafis yang mumpuni dalam bermain game dan mempunyai uang yang banyak, saya menyarankan agar sobat untuk membeli smartphone yang mempunyai prosesor antara Exynos dan Snapdragon. Tetapi bagi sobat sekalian yang tidak memiliki budget yang banyak tapi tetap ingin merasakan performa tangguh dan menginginkan smartphone kalian hemat baterainya  kamu dapat memilih MediaTek seri P atau X.

Click to comment